Iklan Billboard 970x250

Jenis Ikan Laut Yang Berbahaya Bagi Manusia

Jenis Ikan Laut Yang Berbahaya Bagi Manusia

Ikan-ikan Laut yang Berbahaya Bagi Manusia

Laut memiliki ribuan jenis ikan yang karakteristiknya berbeda beda. Sebagian aman bagi manusia baik untuk dikonsumsi maupun dijadikan peliharaan. Namun Ikan yang berbahaya bagi manusia juga banyak. Kali ini kita akan membahas beberapa jenis ikan laut yang berbahaya bagi manusia, terutama pada perairan yang sering dikunjungi manusia (laut dangkal/terumbu karang).

Ikan berbahaya


Pada dasarnya tidak ada hewan hewan di terumbu karang yang benar benar mempertimbangkan manusia sebagai mangsa potensialnya kecuali beberapa jenis ikan hiu akibat korban kurang mengetahui perilaku, anatomi dari hewan tersebut dan cara-cara mempertahankan diri yang pada dasarnya semua itu bisa dihindari.

Ada 3 jenis ikan yang sangat membahayakan yaitu ikan-ikan yang menggigit, ikan yang menyengat dan ikan-ikan yang beracun bila dimakan

Ikan-ikan yang berpotensi menggigit

Tiger Shark atau Hiu Harimau

Hanya satu jenis hiu dari tiga jenis ikan hiu paling berbahaya yang memasuki daerah penyelaman di terumbu karang , yakni tiger shark.



Bagi semua penyelam sangat disarankan untuk mengetahui perilaku ikan hiu dan segera menghindar atau keluar dari air kalau ikan tersebut sudah memperlihatkan gejala mengkhawatirkan/mengancam. Semua jenis ikan ini akan menjadi berbahaya jika terancam dengan segala bentuk peralatan pembunuh ikan seperti tombak, alat pancing lainnya.

Barracuda atau ikan Barakuda


Ikan penggigit lainnya yang juga membahayakan adalah ikan barakuda .Di perairan yang keruh, objek yang bersinar,  seperti gelang bisa mengecoh barakuda yang menganggapnya itu sebagai ikan kecil yang kemudian di serang/gigit. Atau alat penembak barakuda yang berkilau akan membuat ikan ini menyerang manusia dengan maksud mempertahankan dirinya .

Belut Laut


Gigitan belut laut juga seringkali diakibatkan hal-hal yang mengancam dirinya. Serangan seringkali terjadi pada saat orang memasukkan tangannya kecelah batu2/sela-sela karang yang didiami oleh belut laut, atau tombak pembunuh belut yang mengancam dirinya atau yang dipegang penyelam.

Walaupun beberapa jenis belut cukup membuat takut penyelam tetapi belut laut tertentu berukuran besar seringkali menjadi teman penyelam untuk suatu atraksi bawah laut.

Ikan berbisa

Yang dikategorikan dalam kelompok ini adalah ikan-ikan yang mempunyai duri yang beracun. Kelompok ikan ini yang paling berbahaya adalah kelompok ikan Scorpion/Lepu dan kelompok ikan baronang.

Ikan Lepu (Lion fish)


Salah satu jenis ikan lepu yang yang paling menakutkan bagi manusia adalah ikan lepu batu. . Hampir sebagian besar ikan lepu sangat pandai menyamarkan dirinya. Beberapa jenis ikan lepu termasuk lepu batu sangat umum diperairan yang dangkal atau rataan terumbu yang dangkal, dan mereka biasa menempatkan dirinya diantara batu batuan. Jenis lepu yang menarik seperti lepu ayam atau lepu kupu-kupu sering dijadikan permainan bagi penyelam dengan cara tidak menyentuh duri-durinya.


Ikan baronang


Kelompok ikan baronang juga memiliki duri beracun yang membahayakan yakni duri-duri sirip punggungnya dan duri-duri sirip duburnya. Walaupun racun dari duri ikan ini tidak sefatal duri dari kelompok ikan lepu, tetapi sama-sama menakutkan.

Ikan Butana


 Kelompok lain yang mempunyai duri berbisa adalah kelompok ikan butana
(surgeonfishes) yang mempunyai duri sangat tajam setajam silet di pangkal sirip ekornya baik itu sepasang atau 2 pasang yang durinya dapat digerakkan. Ada juga jenis yang mempunyai duri-duri tajam di bagian kepala/daerah insang.

Ikan Pari


Ikan pari memiliki duri sangat tajam yang dapat melukai sangat fatal. Letak duri ada dibagian ekornya. Kejadian umum terjadi pada orang yang sedang berjalan- jalan dirataan terumbu tanpa alas kaki yang memadai dan menginjak ikan ini di bagian ekornya.
Umumnya ikan-ikan karang memiliki alat pertahanan diri seperti duri tajam, mulut yang seperti paruh keras, duri-duri dibagian kepala, gigi yang tajam, walaupun semua ini tidak membahayakan seperti disebutkan sebelumnya tapi tetap harus diwaspadai.

Ikan Sembilang

Ikan ini merupakan salah satu ikan konsumsi yang enak rasanya namun memiliki duri yang sangat berbahaya. Duri ini meskipun tidak mematikan, namun rasa sakitnya bisa menyebabkan demam hingga berhari hari.

Ikan Beracun

Sejumlah ikan karang memiliki racun/toksin yang membuat ikan tersebut tidak enak dimakan. Racun itu bisa berasal dari dirinya atau suatu substansi yang termakan oleh ikan tersebut.

Ikan Buntal


Kelompok ikan buntal memiliki racun yang sangat tinggi dibagian kulit dan organ dalamnya yang sebenarnya merupakan proteksi dirinya terhadap predator. Racun tetrodoksin, merupakan racun yang paling kuat yang sering mengakibatkan sangat fatal.

Beberapa waktu lalu, Satu keluarga mengalami keracunan setelah mengkonsumsi ikan ini dan mengakibatkan seluruh korbannya meninggal dunia.

Ikan Batu

Ikan batu terkenal mematikan karena durinya yang beracun. Jika terkena manusia, maka racun tersebut dapat menimbulkan sesak nafas, diare, dan halusinasi. Racun ini akan berakibat fatal jika tidak diatasi dengan baik. Ikan batu memiliki warna yang mirip dasar lautan. Ia sangat mirip batuan di lautan hingga sulit untuk dikenali

Ubur Ubur Kotak

Meskipun bukan jenis ikan, namun kami memasukkannya dalam jenis yang lumayan berbahaya bagi manusia karena beracun.
Ubur-ubur kotak memiliki racun berbahaya dan termasuk hewan paling beracun di dunia. Racun ubur-ubur ini dapat meyerang saraf jantung. Manusia yang menjadi korbannya akan mati karena gagal jantung. Sekitar 100 orang mati setiap tahun akibat serangan ubur-ubur kotak. Nama ubur-ubur kotak mengacu pada tubuhnya yang berbentuk kotak. Ubur-ubur ini dapat ditemukan di lautan indo-pasifik. Setiap ubur-ubur memilik 15 tentakel di setiap sisi tubuhnya. Tentakel ini dapat mempunyai panjang hingga 10 kaki dan mengandung lebih dari 5000 sel racun.




Baca Juga
SHARE

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post