Iklan Billboard 970x250

Jenis Ikan Kakap Lengkap Dengan Gambar dan Ciri Ciri Fisiknya

Jenis Ikan Kakap Lengkap Dengan Gambar dan Ciri Ciri Fisiknya

Ikan Kakap adalah idola pemancing karena memiliki kecepatan, Kekuatan, dan ukurannya yang cukup besar membuat ikan ini mampu memberikan hiburan bagi pemancing yang memburunya. Berikut ini adalah Jenis-jenis Ikan Kakap yang perlu anda ketahui.


Ciri-Ciri Umum Ikan Kakap

Kakap sebenarnya memiliki jenis yang beragam sehingga terkadang Warna, Bentuk Fisik, Ukuran, dan perilaku tiap jenis dapat berbeda beda. Namun sebagian besar memiliki ciri ciri sebagai berikut. Ikan kakap biasanya memiliki bentuk tubuh yang memanjang, Pipih agak kebulatan, dan memiliki sirip yang khas pada punggung dan perutnya. Ikan ini juga memiliki gigi yang sangat tajam untuk memangsa ikan ikan, Udang, Cumi, Lobster, dan lain lain. Itulah sebabnya, Kakap termasuk dalam jenis Predator yang ganas.

Habitat Hidup Ikan Kakap

Biasanya ikan kakap setelah berumur dewasa tidak akan hidup berkelompok. Mereka terkenal sebagai jenis predator yang menjaga teritorialnya. Kakap bisa ditemui di sekitar karang atau rumpon yang banyak ikan kecil kecil untuk berburu mangsa. Untuk jenis kakap muara sungai, mereka biasanya hidup di daerah yang banyak memiliki pepohonan, Kayu mati, dan sungai sungai yang memiliki banyak udang alami. Kakap muara umumnya berburu makanan di tepian sungai yang tidak terlalu dalam. Memancing Kakap Muara biasanya menggunakan jenis casting dengan umpan minnow atau jerk bait. Untuk memancing kakap kakap yang hidup di sekitar karang/laut dapat menggunakan udang atau ikan ikan kecil yang masih hidup sebagai umpannya.

Jenis-Jenis Ikan Kakap

1. Kakap Merah (Lutjanus Campechanus)


Kakap merah atau yang biasa disebut Bambangan biasanya memiliki berat antara 1 kg sampai 10 kg. Rekor dunia terbesar untuk jenis kakap merah adalah 25 kg. Kakap merah ini banyak terdapat di laut dengan kedalaman lebih dari 30 meter dan tersebar hampir di seluruh dunia. Kakap jenis ini memiliki tenaga yang joss ketika bertarung dengan pemancing, juga merupakan salah satu target favorit. Sebutan ikan ini diluar negeri adalah Genuine Red, North American, Red Snapper, dan Pargo Colorado.

2. Kakap Cubera (Lutjanus Cyanopterus)



Ikan Kakap Cubera memiliki sebutan lain Snapper, Cuban Dog, Cuban Snapper, dan Cubera Snapper. Kakap jenis ini dapat memiliki berat lebih dari 50 kg. Rata rata memiliki bobot sekitar 15-25 kg sedangkan rekor dunia terberat adalah 60,5 kg atau 121 pon. Memancing ikan ini tentu sangat menyenangkan karena ikan ini sangat agresif, kuat, dan juga berat. Aktifitas pertarungan dengan ini akan memerlukan waktu yang lumayan lama dan menguras banyak tenaga, namun hasilnya tentu memuaskan.

3. Kakap Domba (Lutjanus Analis)



Sebutan lain ikan ini diantaranya Pargo, Muttonfish, Reef King, dan Mutton Snapper. Kakap domba memiliki berat pada umumnya yakni 2,5-7,5 kg dengan berat bisa mencapai lebih dari 15 kg. Untuk rekor dunia yang pernah tercatat adalah 14 kg atau 28 pon. Ikan kakap domba biasanya tersebar di perairan dengan kedalaman 10 hingga 50 meter, namun terkadang bisa berburu mangsa hingga hampir mencapai permukaan air. Tinggal disekitar karang karang untuk memudahkannya berburu makanan.

4. Kakap Anjing (Lutjanus Jocu)



Nama lain yang dimiliki oleh kakap anjing adalah Jocu, Dog Snapper, dan Yellow Snaper. Berat ikan ini bisa mencapai 15 kg dengan berat rata-rata sebesar 1-7,5 kg dan rekor dunia yang pernah tercatat sebesar 12 kg atau 24 pon. Sama seperti jenis kakap sebelumnya, kakap anjing juga merupakan ikan petarung.

5. Kakap Batu (Lutjanus Griseus)



Sebutan lain dari kakap jenis ini adalah Mangrove Snapper, Mango, Gray Snapper, Black Snapper, dan Caballerote. Berat rata-rata kakap jenis ini adalah 1-3 kg dengan berat bisa mencapai lebih dari 10 kg dan rekor dunia yang pernah tercatat sebesar 8,5 kg atau 17 pon.

6. Kakap Sutra (Lutjanus Vivanus)



Kakap Sutra biasa disebut juga dengan Yellow Eye dan Silk Snapper. Untuk beratnya, rata-rata kakap sutera memiliki berat 1,5-2,5 kg dengan rekor dunia mencapai 9 kg atau 18 pon. Berbeda dengan jenis sebelumnya, kakap sutera tidak menyukai pertarungan karena berada di kedalam.

7. Kakap Ratu (Etelis Oculatus)



Kakap jenis ini disebut juga dengan Queen Snapper dengan berat rata-rata mencapai 1,5-2,5 kg dan rekor dunia 5,5 kg atau 11 pon.

8. Kakap Sirip Hitam (Lutjanus Buccanella)



Kakap jenis sirip hitam memiliki sebutan lain seperti Bahamas Red Snapper, Black Snapper, dan Blackspot. Rekor dunia yang pernah tercatat untuk berat kakap jenis ini adalah 3,5 kg atau 7 pon dengan berat rata-rata 1,5-2 kg dan bisa mencapai 5 kg.

9. Kakap Ekor Kuning (Ocyurus Chrysurus)



Berat kakap yang memiliki nama lain seperti Flag, Rabirubia, dan Yellowtail Snapper ini bisa mencapai 4 kg dengan rata-rata berbobot 0,5-1,5 kg. Memang lebih kecil dari jenis yang lainnya, namun rekor yang pernah tercatat kakap ekor kuning dengan berat mencapai 4 kg atau 8 pon. Kakap jenis ini cukup sulit untung ditangkap dengan pancing karena termasuk ikan yang kuat saat melarikan diri dan kuat dalam memutuskan tali pancing.

10. Kakap Vermilion (Rhomboplites Aurorubens)



Kakap vermilion
 berukuran kecil yakni rata-rata beratnya hanya di bawah 1 pon sampai dengan 5 pon. Namun rekor dunia mencatat berat kakap vermilion yang mencapai 7 pon atau 3,5 kg. Kakap jenis ini memliki karakter bukan ikan petarung dan sangat sering tertangkap pada jaring-jaring nelayan di kedalaman. Kakap vermilion juga disebut dengan Beeliner, Vermilion Snapper, Cajon, dan Mingo.

11. Kakap School Master (Lutjanus Apodus)



Dengan nama yang cukup unik tersebut, berat kakap jenis ini bisa mencapai 6-7 pon dengan berat rata-rata di bawah 1 pon dan catatan rekor dunia sebesar 4 pon atau 2 kg. Sebutan lain yang dimiliki kakap ini adalah Caji dan Barred Snapper.

12. Kakap Tompel (Lutjanus Mahogany)



Jenis ikan kakap yang juga memiliki nama daerah adalah kakap tanda-tanda. Warga Cirebon menyebut kakap jenis ini dengan sebutan Ngangas. Namun secara luas ikan ini dikenal dengan nama Mahogany Snapper dan Ojonco. Berat rata-rata adalah 1,5 kg.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post