Iklan Billboard 970x250

Peluang Usaha Budidaya Ikan Bawal

Peluang Usaha Budidaya Ikan Bawal

Selain rasanya yang nikmat, Ikan bawal memiliki banyak nutrisi yang membantu untuk kesehatan tubuh Anda. Selain itu ikan ini termasuk dalam jenis ikan yang memiliki nilai jual tinggi mirip-mirip ikan gurame yang cara perawatannya mudah.

Manfaat Ikan Bawal


Jenis dan Manfaat Ikan Bawal

Ikan Bawal berasal dari perairan air tawar yang berada di Amerika Serikat, namun sudah tersebar hingga ke seluruh negara. Di Brazil ikan ini akan banyak dijumpai di sekitar Sungai Amazon dan juga pada Sungai Orinoco, Venezuela. 

Dalam hal budidaya, Ikan bawal dapat tumbuh dengan cepat. Dengan perawatan dan teknik yang tepat, Ikan bawal bisa mencapai berat 1Kg hanya dalam waktu 3 bulan. Sebagai jenis pemakan daging, tentu kita harus memperhatikan pemberian pakan ikan ini dengan serius karena berpotensi memangsa jenisnya sendiri jika kekurangan makanan.

Jenis-jenis Ikan Bawal

Ikan bawal memiliki beberapa jenis yang membuat berbeda baik secara fisik, maupun lingkungan tempat tinggalnya. Ikan yang agresif ini ada yang hidup di air tawar, dan ada juga yang hidup di air asin.

1. Bawal Putih

Manfaat Ikan Bawal Putih


Sebutan lain dari bawal putih ini adalah silver pomfret. Ikan ini umumnya terdapat pada habitat air tawar dan kadang di air payau. Ikan bawal putih biasanya mendiami tempat dengan air yang cukup dalam dan berlumpur.

Ikan bawal putih biasanya hidup secara berkelompok dan tersebar hampir di seluruh perairan di indonesia. Ikan yang hobinya memakan udang kecil dan ikan kecil lainnya ini memiliki bentuk tubuh yang khas, dengan sirip yang lebih panjang dibandingkan bawal jenis lainnya.

Warna sirip Ikan bawal putih ini lebih gelap dibandingkan dengan warna tubuhnya yang putih abu abu. Pada usia dewasa, Ikan bawal putih dapat mencapai berat 2kg dengan panjang hingga 30cm.

2. Bawal Hitam

Manfaat Ikan Bawal Hitam


Sesuai dengan namanya, Bawal hitam yang memiliki nama lain black pomfret ini terlahir dengan warna abu abu tua yang gelap sedikit ungu. Ikan ini banyak terdapat di perairan indonesia dari muara sungai yang agak dangkal sampai lautan dengan kedalaman hingga 100 meter.

Tekstur daging ini lembut dengan rasa yang enak sehingga nilai di pasaran cukup tinggi. Bawal hitam hidup bergerombol dan memakan plankton, udang udang kecil, atau ikan ikan yang sangat kecil.

3. Bawal Air Tawar

Manfaat Ikan Bawal Air Tawar


Ikan bawal air tawar selain dikonsumsi juga banyak yang menjadikannya sebagai ikan hias. Bentuk fisik Ikan bawal air tawar lebih bulat memanjang dengan warna tubuh bagian atas abu abu gelap sedangkan pada bagian sirip dada berwarna kemerahan.

Manfaat Ikan bawal air tawar untuk kesehatan sangat banyak karena ikan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi, Kaya nutrisi seperti Omega 3 dan Omega 6, Protein, dan Vitamin. Ikan bawal air tawar banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan program diet.

Manfaat Ikan Bawal Secara Umum

Ikan bawal memiliki rasa yang enak, gurih, dengan tekstur daging yang lembut. Permintaan akan konsumsi ikan bawal setiap hari semakin meningkat sehingga memiliki potensi usaha yang sangat bagus.

Bagi dunia kesehatan, Kandungan gizi dan nutrisi pada ikan bawal sangatlah bagus karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah beberapa penyakit dalam. 

Kandungan Omega pada ikan bawal sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan otak, mempertajam ingatan, dan membantu menjaga kita agar tidak mudah lupa. Selain itu, Kandungan vitamin A dan E juga membantu menjaga kesehatan mata dan kulit kita.

Tentu saja masih banyak manfaat ikan Bawal lainnya yang masih belum kita sadari. Dalam dunia bisnis dan kesehatan, ikan bawal menjadi salah satu peluang yang sangat menjanjikan.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post